HEADLINE HARI INI ►►SELAMAT DATANG DI WEB MTS FUTUHIYYAH KWAGEAN | PP FATHUL ULUM KWAGEAN KEDIRI JAWA TIMUR

VISI MISI

  


VISI MISI

Madrasah Tsanawiyah Futuhiyyah
Yayasan Pendidikan Islam Fathul Ulum
Kepung, Kediri

NSM: 121235060104

Alamat : RT 20 RW 06, Jalan Dusun Kwagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur

VISI

”Terwujudnya madrasah yang modern, berkarakter ahlusunnah wal jama’ah, kompetitif dan berprestasi”

MISI

  1. Mengajarkan ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tahsin dan tahfizh Al-Qur’an, serta Bahasa Arab dan Inggris secara berkesinambungan.
  3. Membiasakan santri dengan adab dan akhlak Islami, serta hidup mandiri, sederhana, dan disiplin.
  4. Menyelenggarakan pendidikan pesantren yang sehat, bersih, tertib, dan nyaman.

Penjabaran Misi di atas meliputi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya dengan basis kurikulum Tsanawiyah Futuhiyyah, kurikulum Pesantren dan kurikulum keterampilan hidup.
  2. Menyelenggarakan pembinaan tahsin dan tahfizul Qur’an serta pembiasan ibadah.
  3. Menyelenggarakan diklat, kursus, workshop dan pelatihan bagi para guru dan pegawai untuk meningkatkan kompetensinya.
  4. Menyelenggarakan dan menyediakan fasilitas dan media informasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi seluruh warga sekolah.
  5. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
  6. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
  7. Menumbuhkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai islam dan budaya bangsa.


SEJARAH SINGKAT

Pada awalnya, Romo Kyai Hannan, Pengasuh Pondok Pesantren Fathul ‘Ulum dalam hatinya berinisiatif untuk mendirikan sarana belajar formal. Niat baik tersebut bertujuan untuk menyelaraskan pendidikan pesantren yang tidak hanya berbasis pada pengajian semata. Akan tetapi, pendidikan formal, khususnya pada tingkat pertama, masih dapat terjangkau karena tidak perlu waktu berjam-jam untuk sampai. Akhirnya, niat baik tersebut belum dapat direalisasikan. Oleh karena itu, pesantren tetap berfokus pada pendidikan karakter sesuai Al-Qur’an dan Al-Hadits, sedangkan mampu berbahasa Arab dan Inggris secara aktif belum terealisasi.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan PP Fathul ‘Ulum, baik dari kualitas maupun kuantitas, jumlah santri semakin meningkat drastis sehingga membutuhkan penambahan sarana belajar. Kenyamanan santri karena keluar-masuk pesantren untuk pendidikan formal/umum perlu diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang berada di luar jangkauan pesantren. Selain itu, adanya aspirasi masyarakat dan wali santri yang menginginkan adanya pendidikan formal di lingkungan pesantren memunculkan gagasan yang semakin kokoh untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan formal tingkat pertama. Dengan demikian, PP Fathul Ulum akan mudah mengayomi santri mulai dari pendidikan dasar hingga menengah. Pesantren juga dapat menyelaraskan secara mandiri pendidikan formal dan informalnya dalam hal pelajaran agama dan pelajaran umumnya. Oleh karena itu, niat baik dari Romo Kyai Hannan untuk mendirikan madrasah tingkat pertama semakin mantap.

Atas beberapa pertimbangan dan dukungan dari berbagai pihak, Alhamdulillah, MTs Futuhiyyah berdiri pada 20 April 2022. Sesuai dengan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur dengan nomor 722 Tahun 2022, MTs FU (sapaan MTs Futuhiyyah) diresmikan pada 18 Juli 2022 oleh Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Fathul Ulum. MTs Fu pun resmi mengawali pembelajaran pertamanya dengan 135 siswa.

Di samping bahwa Fathul ‘Ulum merupakan tumpuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan norma-norma yang islami dengan paham ahlussunnah wal jamaah annahdliyyah didirikanlah madrasah formal di lingkungan Pondok Pesantren Fathul Ulum. Sejalan hal tersebut, maka Madrasah Tsanawiyah Futuhiyyah merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah pertama yang berstatus swasta berdiri tahun 2022 yang tentunya dibangun atas spirit para pengurus Yayasan, tokoh masyarakat, dan masyarakat sekitar.

MTs FU berada dilingkungan masyarakat yang notabene beragama Islam. Simpati masyarakat sangat tinggi terhadap keberadaan MTs FU sehingga segala aktivitas lembaga ini mendapat kepercayaan dan dukungan sepenuhnya oleh wali santri. Hal ini terbukti dengan banyaknya putra-putri dari berbagai wilayah yang menjadi santri PP Fathul Ulum bersekolah di MTs Futuhiyyah.